Penjelasan menggunakan CFD untuk Aliran Internal

Setelah dilakukan bimbingan pada hari selasa, kami pun diminta untuk menggunakan CFD untuk aliran laminar dan eksternal yang sudah diajarkan.

Langkah-langkah penggunaan CFD untuk aliran Laminar:

Kita klik Menu Input > Alo memori > pakai

Kemudian Klik Menu Input > Dimensi > aktifkan axis simetri  > panjang = 0.5 m dan radius luar = 0.0115 m dan jumlah cell yang digunakan yaitu i = 75 cell ( 2 cell digunakan sebagai wall dan 73 cell digunakan sebagai internal cell) dan j = 15 cell ( 2 cell digunakan sebagai wall dan 13 cell digunakan sebagai internal cell). Berikut merupakan tampilan domainnya.

Tampilan untuk cell internal

Kemudian kita klik kembali Menu Input > Model  > pada turbulensi model atur sebagai off (laminar)

Kemudian kita gunakan perintah berikut dengan menginput langsung dalam CFD : Input “In1”, Input “kf” / konstanta fisikal, Input “dn” / densitas, masukkan nilai densitas sebesar 890 kg/m3, Input “vs” / viskositas, masukkan nilai viskositas sebesar 0.1 kg/ms, Input “bg”/bangun grid, pilih 1 untuk arah axial dengan diberi faktor pemberat titik awal = 4 dan faktor pemberat titik akhir = 4. Sedangkan untuk radial pilih 2 dan beri faktor pemberat titik awal = 4.

Setelah itu klik Menu Input > Olah > Iterasi, masukkan jumlah angka iterasi dan ulangi hingga konvergensi tercapai.

Untuk melihat hasil simulasi kita bisa mengklik Menu Hasil > Kontur (pilih tekanan pada set pengaturan ). Pada menu input > pilih “la”/lihat alfa > pilih “pv”/pilih variabel > kemudian pilih “ttr”/tekanan total relatif untuk melihat besarnya distribusi tekanan yang dihasilkan dari simulasi.

Hasil Simulasi:

Kita bisa melihat Distribusi tekanan pada cell 2 dan 74 yang dapat menunjukkan perbedaan tekanan pada pipa dengan panjang 0.5 m :

 

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s