Penjelasan menggunakan CFD untuk Aliran Eksternal

Setelah dilakukan bimbingan pada hari selasa, kami pun diminta untuk menggunakan CFD untuk aliran laminar internal yang sudah diajarkan untuk mengetahui besar nilai Cd / koefisien drag yang dialami benda dengan dimensi panjang yang berbeda-beda.

Dari referensi yang ada kita bisa mengetahui koefisien drag (biasanya dinotasikan sebagai: cd, cx atau cw) adalah besaran berdimensi yang digunakan untuk mengukur hambatan atau perlawanan dari objek dalam lingkungan fluida seperti udara atau air. Hal ini digunakan dalam persamaan drag, di mana koefisien drag lebih rendah menunjukkan objek akan memiliki drag kurang aerodinamis atau hidrodinamik. Koefisien drag selalu dikaitkan dengan luas permukaan tertentu.

Berikut merupakan langkah-langkah kami dalam melakukan pembuatan aliran eksternal:

Kita klik Menu Input > Alo memori > pakai

Kemudian kita klik kembali Menu Input > Dimensi > aktifkan axis simetri  > panjang = 6 m dan tinggi = 1 m dan jumlah cell yang digunakan yaitu i = 62 cell ( 2 cell digunakan sebagai wall dan 60 cell digunakan sebagai internal cell) dan j = 22 cell ( 2 cell digunakan sebagai wall dan 20 cell digunakan sebagai internal cell).

Kemudian klik kembali Menu Input > Ks >  inlet 1  kecepatan-u = 0.10 m/s  dan inlet 2 tekanan = 0 Pa.

Setelah itu klik kembali Menu Input > Olah > Iterasi, masukkan jumlah angka iterasi dan ulangi hingga konvergensi tercapai.

 

Untuk melihat hasil simulasi kita bisa mengklik Menu Hasil > Kontur maupun vektor (pilih kecepatan pada set pengaturan ). Pada menu input > pilih “la”/lihat alfa > pilih “pv”/pilih variabel > kemudian pilih “gw”/gaya wall untuk melihat besar gaya yang dihasilkan.

Hasil Simulasi:

Berikut merupakan hasil pembelajaran mengenai penggunaan CFD untuk aliran eksternal. Terima kasih.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s